KKN Di Tengah Pandemi Covid-19: Mahasiswa UM Membagikan Tempat Cuci Tangan Beserta Hand Wash Warga Desa Kasembon

Neolinkz.com,Malang – Wabah covid-19 telah menyebar di berbagai kota/kabupaten di Indonesia, tak terkecuali Kabupaten Malang, Jawa Timur. Pemerintah telah melakukan berbagai upaya untuk mencegah bertambahnya korban yang diakibatkan oleh Covid-19.

Imbauan terkait pemutusan rantai penyebaran covid-19 telah disampaikan oleh pemerintah diantaranya yaitu, physical distancing, rajin cuci tangan, mengenakan masker jika keluar rumah, dan tidak keluar rumah kecuali dalam keadaan darurat. Sebagai seorang akademisi, mahasiswa dari Universitas Negeri Malang (UM) yang sedang menjalani kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) juga turut membantu pemerintah dalam mencegah penyebaran Covid-19.

KKN tahun ini disebut dengan KKN Edisi Covid-19 dimana mahasiswa dilarang tinggal di desa, tetapi mereka harus tetap produktif membuat karya dari rumah yang nantinya akan diberikan ke desa.Salah satu kelompok KKN yang ditempatkan di Desa Kasembon, Kecamatan Bululawang, Kabupaten Malang memiliki berbagai program kerja atau proker untuk membantu mencegah Covid-19 di sana.

Penyerahan tempat cuci tangan kepada Kepala Desa Kasembon (fotodoc KKN UM)

Diantara program kerja tersebut yaitu pembuatan tempat cuci tangan. Bantuan berupa 15 buah tempat cuci tangan dilengkapi dengan hand wash beserta video edukasi cara mencuci tangan diserahkan langsung kepada kepala desa di kantor Desa Kasembon pada Rabu, 24 Juni 2020.

Kepala desa beserta jajarannya sangat mendukung program kami dan menerima kami dengan tangan terbuka. “Kita tetap sangat senang karena dengan adanya program KKN di sini dapat memberi motivasi untuk perkembangan desa. Kalau masalah online itu semua kita sudah menyadari karena adanya pandemi.

KKN Mahasiswa UM Penyerahan Handwash di Sekolah dan TPQ (fotodoc KKN UM)

“Meskipun yang KKN tidak seperti biasanya menginap di sini, tetapi sekarang dilaksanakan secara online itu semua tetap berkesan dan membanggakan buat kami. Semoga dengan adanya KKN di sini pada periode tahun ini dari UM membawa manfaat untuk masyarakat kami”, ujar Huda selaku Kesra desa Kasembon.

Setelah proses penyerahan di kantor desa, kami ditemani oleh salah satu perangkat desa untuk membagikan tempat cuci tangan dan hand wash dibeberapa titik, diantaranya yaitu 3 Sekolah Dasar dan 2 PAUD. Untuk sisanya akan dibagikan minggu depan, karena beberapa sekolah masih banyak yang tutup. Bapak Huda selaku Kesejahteraan Rakyat Desa Kasembon berharap proker kami ini sangat bermanfaat untuk warga desa khususnya dalam mencegah penyebaran Covid-19.

KKN Mahasiswa UM Penyerahan Handwash di Sekolah dan TPQ (fotodoc KKN UM)

Khusus untuk proker ini harapan kami, yang dikasihkan pada hari ini itu dapat menambah kekurangan yang ada di desa, karena kemarin dari desa memberikan tempat cuci tangan hanya dibeberapa titik. Tempat cuci tangan ini dapat digunakan untuk menambah kekurangan di sekolah dan TPQ, itu yang kurang. Semoga itu bermanfaat untuk menangani pandemi korona pada masa new normal di Malang”, ujarnya.

Maka dengan adanya kegiatan Program Kerja Nyata (KKN) dari Mahasiswa UM harapannya dapat berkontribusi bagi penyuluhan kesehatan bagi masyarakat di desa Kasembon. Agar tetap menjaga kesehatan serta mendapatkan edukasi mengenai virus Covid-19. Melalui Program Kerja Nyata yang dilaksanakan oleh Mahasiswa UM.

Reporter: Novia Maulita Editor : Mega Annisa Ni’mais

Related posts

Leave a Comment