Kehadiran Fitur NFC di Berbagai Ponsel di Indonesia Yang Sangat di Gemari Kaum Milenial

Neolinkz.com Saat ini perkembangan teknologi informasi dan komunikasi terus mengalami perkembangan setiap saat. Tidak hanya peragkat keras semacam handphone yang berkembang namun perangkat-perangkat lunaknya seperti system operasi dan teknologi pengiriman data pun turut berkembang pesat. Seiring dengan pesatnya laju perkembangan teknologi dan system informasi yang banyak mendukung proses bisnis, maka dari itu dibutuhkan pengelolaan data transaksi yang semakin cepat pula.

Untuk mengikuti perkembangan zaman, saat ini Indonesia sedang gencar membudayakan transaksi berbasis uang elektronik. Banyak sekali transaksi-transaksi yang diberlakukan di Indonesia tidak menggunakan uang tunai. Contoh saja pembayaran masuk dan keluar Tol di Indonesia saat ini sudah tidak menggunakan uang tunai melainkan menggunakan kartu elektronik.

https: img.okeinfo.net content 2017 09 30 320 1786187 catat-bayar-tol-jakarta-cikampek-bisa-pakai-uang-elektronik-5-bank-ini-z6YyCQsxhs.jpg
Sumber foto : Okezone.com

Kartu-kartu ini dikeluarkan oleh Bank yang bekerjasama dengan pemerintah, seperti Bank Mandiri, BRI, BNI dan BCA. Pemberlakukan uang elektronik tidak hanya menggunakan kartu Bank Nasional. Sebetulnya kartu elektronik sudah ada sejak dulu, bahkan tol pada waktu masih menggunakan uang tunai, pintu tol khusus kartu elektronik sudah ada. Tetapi masyarakat masih menggunakan fasilitas uang tunai dibandingkan uang elektronik. Saat ini, Indonesia memang sedang gencar-gencarnya menggunakan uang elektronik, bahkan uang elektronik saat ini tidak harus menggunakan kartu, melainkan aplikasi.

Mode pembayaran menggunakan aplikasi seperti “Dana”, “Ovo” dan “Gopay” adalah yang paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Ketiganya adalah perusahaan digital di Indonesia yang menyediakan mode pembayaran uang elektronik. Hal ini akhirnya diikuti oleh BUMN Indonesia untuk mengeluarkan aplikasi pembayaran uang elektronik yaitu “Linkaja”.

Sumber foto: Moneter id

Lalu apasih sebenarnya NFC itu? menurut Muhammad Rifqi dan Nia kusuma Wardhani dalam jurnal mereka yang berjudul “Aplikasi Peran dan Kegunaan Teknologi Near Field Communication (NFC) Terhadap Kegiatan Proses Belajar Mengajar di Perguruan Tinggi” menyebutkan bahwa NFC adalah salah satu teknologi konektivitas wireless jarak dekat yang memungkin interaksi dua arah antar perangkat elektronik yang lebih aman dan simple. NFC juga memungkinkan penggunanya untuk melakukan transaksi secara contactless, mengakses konten digital dan melakukan koneksi dengan perangkat elektronik hanya dengan satu sentuhan.

 Sebetulnya, ponsel iPhone dari dulu sudah ada fasilitas NFC ini, hanya saja fasilitas ini hanya digunakan untuk Apple Pay yang belum ada di Indonesia. Bahkan dulu kartu elektronik juga belum begitu bermanfaat di Indonesia, sehingga ponsel-ponsel di Indonesia belum ada fasilitas NFC.

Tetapi saat ini, karena kartu elektronik sudah marak digunakan masyarakat Indonesia, ponsel-ponsel di Indonesia akhirnya mengikuti dengan menghadirkan fitur NFC. Fitur ini memang telah hadir di beberapa ponsel Android yang ada di Indonesia. Hanya saja, harga ponsel ini mungkin sdikit agak mahal, jadi masyarakat membutuhkan biaya yang cukup besar untuk bisa memiliki ponsel dengan fitur NFC.

Hadirnya fitur NFC di Ponsel-Ponsel Indonesia sangatlah di menguntungkan banyak pihak terutama kaum milenial. Karena fitur NFC sangat memudahkan segala transaksi sehingga menjadi simpel. Banyak sekali kaum milenial yang sangat terbantu karena kemudahan dan kecepatan dalam transaksi yang tidak ribet. Seperti yang di rasakan oleh Bagaskara seorang mahasiswa Universitas Gadjah Mada jurusan Teknik Kimia.

foto doc: Narasumber Pengguna NFC

Menurutnya Fitur ini sangatlah membuat kegiatan Transaksi yang sangat sering ia lakukan menjadi sangat ringkas dan simpel “Daripada capek-capek cari ATM untuk mengambil Uang Tunai Fitur NFC di Ponsel sangat membantu sekali, saya bisa melakukan transaksi lebih mudah dan tidak ribet dengan Uang Tunai” ujarnya.

Kemudahan yang di di berikan oleh fitur NFC juga di Rasakan Oleh Angel Jesita seorang Mahasiswa dari STIE Perbanas Surabaya, baginya adanya fitur NFC yang saat ini di sematkan pada ponsel-ponsel terbaru di indonesia sangatlah berguna, semakin majunya zaman dan teknologi tentunya akan membuat segala hal menjadi mudah , simpel dan tidak membuang-buang tenaga serta waktu.

foto doc: Narasumber Pengguna Aplikasi NFC

Namanya anak muda sekarang yah, kan nggak suka ribet. Kadang males bawa dompet dan cari-cari ATM buat ambil uang tunai. Jadi lebih sering pake E-money dan manfaatin Fitur NFC ini. Cukup bawa Ponsel Transaksi Cepet dan pastinya Aman” ujarnya. Seiring kemajuan zaman dan teknologi saat ini tentunya akan membawa berbagai macam perubahan pada masyarakat dan membentuk budaya baru yang beradaptasi dengan keadaan. Meskipun Maraknya NFC dan E-Money di Indonesia tentunya keberadaan uang tunai tidak dapat secara langsung menghilang kegunaannya, tentunya keberadaan uang tunai juga masih sama pentingnya dalam roda ekonomi.

Reporter : Khafie Ramadhan Editor : Bella Novita Permatasari

Related posts