Kisah Inspiratif, Membaca Peluang Usaha Distributor Pupuk


Neolinkz.Com, Pasuruan
Pengalaman merupakan guru terbaik, layaknya cocok di jadikan sebagai pedoman bagi pelaku Wirausaha.Ketika mencari sebuah pengalaman secara individu manusia, dituntut produktif, mencari jalan ke luar atas rasa penasaran untuk mencari pengalaman bagi dirinya sendiri, Jika pengalaman itu tergolong menguntungkan. 

Keluar dari zona nyaman merupakan suatu tantangan, bagi manusia yang memiliki rasa keingintahuannya tinggi, berjiwa petualang serta independen namun bagi mereka ini adalah sebuah pilihan. Seperti yang dilakukan oleh Kokok Nurachman,SH , merupakan seorang pengusaha di bidang distributor pupuk, Ia mengaku memulai berwirausaha sejak  Oktober 2016.

Bagi pria kelahiran asal kota Malang, Jawa Timur ini Mengawali berwirausaha di latar belakangi pengalaman  bekerja sebagai manager yang kurang lebih 18 tahun , nampaknya menjadi inspirasi dan sudah bisa membaca peluang usaha dari  usaha distributor tersebut.  Kokok mengungkapkan usaha distributornya sudah berkembang pesat dan sudah melakukan pengiriman ke seluruh kabupaten pasuruan.  Kamis,(09/04/2020)

Pengusaha Distributor Pupuk Kabupaten Pasuruan (Foto Doc: Narasumber Koko Nurachman SH)

Usaha distributor Kokok juga  sudah memiliki ijin usaha melalui dinas perijinan dan perpajakan.  Tentunya dalam berwirausaha distributor  tentunya ada beberapa jenis naungan dalam  kerap kali kita menjumpai jenis badan usaha seperti  , PT, UD , CV lantas apa perbedaannya  3 kalimat yang sering familiar di telinga kita,  dilansir dari PT merupakan singkatan dari Perseroan Terbatas adalah perusahaan yang memiliki badan hukum. Untuk mendirikannya dibutuhkan akta dan diatur adalah Undang Undang yang tertulis. Salah satu Undang Undang yang membahas mengenai Perseroan Terbatas adalah Undang Undang nomor 40 tahun 2007. Merupakan sumber hukum utama pembangunan Perseroan Terbatas. 

Sementara pengertian CV sendiri dilansir dari.  CV adalah singkatan dari Commanditaire Vennootschap, yang merupakan jenis entitas bisnis kemitraan yang belum memiliki badan hukum. Pendirian CV atau Asosiasi Komandan adalah menggunakan akta dan harus terdaftar.  Usaha Dagang adalah kegiatan membeli dan menjual kembali barang atau jasa dengan tujuan mencari keuntungan termasuk menjadi perantara dari kegiatan tersebut.

Menjadi seorang distributor tentunya harus memiliki fasilitas yang sesuai dengan kebutuhan wirausaha distributor seperti memiliki, Armada, Sistem Komputer, Tenaga Sales, Karyawan yang sesuai di bidang distributor. Tetapi yang paling terpenting suatu wirausaha distributor memiliki suatu produk. Tentunya dalam berwirausaha distributor harus memiliki ijin usaha kepada produsen  , Kokok mengungkapkan “Saya kira ada jaminan untuk mendirikan distributor biasanya memakai kartu Garansi, BPKB, Sertifikat namun ada yang biasanya tidak memakai sertifikat”  Ujarnya .

Jika memiliki jiwa Enterprenur, sebagai wirausaha harus percaya diri dan memiliki prinsip dagang yang kuat bahwa segala sesuatu yang diciptakan, direncanakan akan menghasilkan peruntungan yang menguntungkan. Generasi muda saat ini sangat bisa memanfaatkan kecanggihan teknologi perkembangan jaman ini, Maka peluang berwirausaha secara daring dan penjualannya bisa mencapai target dan mencangkup wilayah sangat luas .

Namun semua akan sia- sia jika para generasi muda tidak memiliki tekad yang kuat dalam berwirausaha seperti yang di sampaikan oleh Kokok,
Dalam  berwirausaha perlu adanya kemauan, dan jangan menunggu adanya modal baru membuka usaha, tetapi alangkah lebih baik jika membuka usaha terlebih dahulu untuk mendapatkan modal. Dalam berwirausaha yang terpenting memiliki kemauan yang kuat” Ujarnya

Maka secara garis besar menjadi seorang Enterprenur muda sangat menguntungkan namun semua itu kembali lagi pada , calon wirausaha tersebut membaca peluang dan ingin menciptakan suatu produk apa yang layak untuk dipasarkan kepada para konsumen.

Reporter Mega Annisa Ni’mais  Editor: Bella Novita Permatasari

Related posts