Ingin Berbisnis Digital ? Mengintip Tren Digital Marketing Masa Kini

Neolinkz.com Globalisasi merupakan salah satu pengaruh dari perkembangan teknologi masa kini, dampaknya sangat mempengaruhi berbagai sektor terutama di bidang perekonomian. Penggunaan Internet yang sangat  besar layaknya menjadi peluang besar bagi para pebisnis yang ingin memulai berbinis di platform digital. Namun yang terjadi Berdasarkan informasi dari hasil survey sangat membuat kita prihatin ternyata di Indonesia internet di dominasi oleh penggunaan Chating sebesar 89.35%  Serta di ikuti oleh penggunaan sosial media sebesar 87.13% sedangkan penggunaan untuk kegiatan Bisnis yaitu beli barang 32.19%, jual barang 8.12% dan Perbankan 7.39%.

Tentu hal ini tidak di imbangi dengan penggunaan Internet sebagai sarana berbisnis. dilansir dari Jurnal MODEL PEMASARAN DIGITAL MARKETING FB_Ads dan EMAIL MARKETING DALAM MENINGKATKANVOLUME PENJUALAN Oleh. Mukhtar Abdul Kader. Untuk meningkatkan minat berbinis pada platform digital kita sebagai pengguna harus memiliki inovasi baru. Khususnya pada generasi millenials yang memiliki keinginan berbinis di bidang e-commerce.

Ada banyak strategi dalam memulai  di bidang e-commerce, di internet informasi tentang berbisnis sangat krusial, dalam mengikuti  perkembangan tren berbisnis masa kini. Lalu apa saja yang perlu di perhatikan dalam berbinis e-commerce ? Berikut ini ulasannya :

1. Target Pemasaran
Dalam target pemasaran, tentunya jika menggunakan platform digital, Kita bisa menjangkau berbagai daerah maupun di kawasan Internasional. Sebab menggunakan jaringan internet akan memperluas jangkauan hal ini juga di di pengaruhi oleh orang daerah mana pun maupun negara manapun juga memanfaatkan sarana jaringan internet.

2. Biaya Atau Waktu
Tentunya  segi biaya maupun waktu cenderung efisien , tidak banyak memakan waktu dan biaya yang  mudah di jangkau di berbinis digital. Sebab pemasarannya pun mudah dan dengan cepat dilakukan digital marketing pun juga hemat biaya.

3. Komunikasi
Jika dilihat proses komunikasi yang dilakukan pada digital marketing lebih efektif untuk memasarkan produknya kepada konsumen. Karena efek digital marketing ini memiliki kemudahan dalam berinteraksi secara efektif terhadap komsumen. Dilansir dari dewaweb.com

Dalam memasarkan produk ada berbagai metode memanfaatkan Fan Page, sangat mudah sehingga sangat cocok untu para pengusaha mikro maupun pengusaha yang kurang paham internet. Rabu,27/05/2020

Tujuan dibuatnya Fans Page di buat untuk memudahkan dalam menjual suatu produk atau pun mengenalkan di linimasa facebook. Dilansir dari Jurnal MODEL PEMASARAN DIGITAL MARKETING FB_Ads dan EMAIL MARKETING DALAM MENINGKATKANVOLUME PENJUALAN Oleh Mukhtar Abdul Kader.

Banyak keuntungan yang kita peroleh dari bisnis e-commerce , selain interaktif sebagai pengusaha anda akan berkomunikasi langsung dengan konsumen.

Teknologi semakin berkembang pengunaan internet pun  juga menjadi kebutuhan bagi para pengguna Internet. Maka selain memanfaatkan situs platform dari sosial media, kita juga bisa memanfaatkan peluang dengan berbinis via digital. berikut ini Tren Marketing Digital yang bisa dijadikan refrensi bagi generasi muda!

1. Augmented Reality (AR) Terpantau melalui Media Sosial

foto doc:Mengenal Augmented Reality (AR)/techarea.co.id

Menggunakan perangkat ini tentu saja sangat memudahkan para penggunanya untuk mengakses keberadaan khayalak hal ini di pengaruhi oleh  keberadaaan target khalayak,perusahaan memiliki brand atau perusahaan menggunakan konten berbasis AR dan hanya bisa di akses di tempat tersebut. Hal ini memiliki kesamaan terhadap sistem Pokemon Go. Dilansir dari dewaweb.com

2. Pasar Influencer Berkurang

foto doc:Why the future of influencer marketing will be hyperlocal influencers/ Jakarta Post.com

Seiring berjalannya perkembangan teknologi, pasar akan  beralih ke promosi yang lebih efektif seperti sebab konsumen saat ini mulai cerdas tidak seimplusif jaman dahulu. Seperti halnya pengguna media sosial saat ini tidak mudah tergiu produk dari postingan seorang influencer mau pun  publik figure hal ini menunjukan potensi konsumen semakin cerdas. Dilansir dari dewaweb.com

3.Video Marketing

Foto doc: Tren Video Marketing Terbaru di Tahun 2019/seputarmarketing.com

Konsep penjualan saat ini berubah sesuai dengan situasi perkembangan teknologi para produsen di mudahkan memasarkan produk dari website maupun media sosial. Pengguna media sosial saat ini meningkat tajam setiap tahunnya, untuk menarik konsumen di setiap tayangannya hendaknya menciptakan konten yang berbeda di setiap tema pada saat live pemasaran berlangsung.Dilansir dari dewaweb.com

Sebagai generasi millenials hendaknya selalu menggunakan peluang yang ada termasuk memanfaatkan perkembangan teknologi informasi yang berkembang. Setiap generasi millenials pasti memiliki potensi ingin maju dan berkembang sesuai dengan passionya. Jika anda generasi yang mengusung jiwa enterprener manfaatkan sebanyak mungkin peluang yang ada terus berinovasi dalam menjalankan bisnis digital.

Reporter : Mega Annisa Ni’mais Editor : Bella Novita Permatasari

Related posts