Yuk Mulai Berivestasi Mulai Dari Sekarang !

Neolinkz.com Generasi Milenial yang biasa disebut dengan generasi jaman now ini sudah menjadi generasi yang kehidupannya bergantung dengan Smartphone.  Dengan menggunakan smartphone banyak hal yang bisa diakses seperti, mencari berita untuk menambah pengetahuan, mengupdate kehidupannya di meda sosial tidak hanya ini saja media sosial juga bisa menghasilkan uang dengan menjadi content creator.

Nah, untuk mengatur kehidupan finansial pun juga dipermudah dengan adanya digital ini. Investasi dengan menggunakan aplikasi di smartphone memang sudah berkembang. Investasi model seperti ini memberikan kemudahan dengan modal minim. Generasi Milenial bisa memnfaatkan platfrom ini untuk mengatur keuangannya.

Arinda Dwi Kusumasuti salah satu mahasiswa Universitas Negri Malang Fakultas Ekonoi dan Bisnis dengan Juruskan akuntasi memulai investasinya sejak dini. Ia sudah berinvestasi disebuah aplikasi sudah berjalan setahun. Investasi yang ia gunakan memalui sebuah aplikasi yaitu bibit. 

fotodoc/Pribadi Arinda Dwi Kusumasuti

Sebelum ia menggunakan aplikasi ini ia sempat menggunakan aplikasi yang lain yaitu Bareksa. Aplikasi ini juga merupakan salah satu platfrom untuk berinvestasi. Ia mengetahui aplikasi ini karena ketika ia membuka instgram iklan bareksa ini muncul dan ia memutuskan untuk mendownloadnya. Ketika ia sudah menggunakannya karena juga masih pemula dan belum tau banyak aplikasi ini cukup sulit dimengerti dan ingin mencoba aplikasi lainnya. (Selasa,28/April/2020)

Investasi berbasis digital ini atau investasi online sangat terjangkau untuk pemula. Investasi salah satu kopomen yang penting dalam menata keuangan seseorang. Dengan inovasi teknologi yang ada dapat dimanfaatkan untuk menunjang finansial dimasa depan. Maka dari itu kita harus pintar – pintar dalam menata keuangan kita dengan memanfaatkan  investasi online.

fotodoc: Mau Investasi? Ini Tempat Beli Reksa Dana ‘Online’/ Kompas.com

Ia mencoba mencari – cari aplikasi yang cocok. Dsinilah ia memutuskan untuk mencoba aplikasi bibit.” Menurut aku aplikasi ini saat dilihat tampilannya sangat sederhana dan menarik tidak banyak data – data,” Ujar Arinda. Aplikasi ini sangat mudah dipahami bagi pemula tidak hanya itu mudah juga di pelajari.

Bibit ini sendiri investasi yang berfokus pada reksadana. Reksadana yang digunakan pun adalah reksadana indeks. Apa sih reksadana indeks itu? produk reksadana dengan tujuan untuk mendapatkan hasil investasi yang mengikuti performa indeks acuannya, baik itu indeks saham maupun indeks obligasi. Berbeda dengan reksadana konvensional yang berusaha mengalahkan kinerja indeks acuannya, justru target dari reksadana indeks adalah menyamainya.

Aplikasi bibit ini salah satu aplikasi online yang kredibel dan sudah diawasi oleh OJK( Otoritas Jasa Keuangan). Karena sudah diawasi oleh OJK ini, bibit salah satu investasi online yang aman dan dapat dipercaya. Bibit bisa dikases melalui aplikasi dari playstore atau juga dengan mengakses websitenya dengan mengunjungi bibit.id.

foto doc : Resmi dari OJK, Ini Daftar Lengkap Bank dan Perusahaan Leasing yang Beri Kelonggaran Kredit/ Tribun News.com

Sistem awal investasinya cukup menabung minimal Rp. 100.000. Ketika sudah masuk dan menabung dengan minimal tersebut akan diberikan pilihan tingkat resiko yang akan diambil kedepannya. Tingkatan ini mulai dari satu sampai sepuluh. Resiko tingkat rendah bisa memilih pasar uang. Tingkat Resiko Sedang bisa ambil Obligasi sedangkan resiko tingkat tinggi bisa mimilih saham. Ini Perlu dipikirkan baik baik untuk berinvestasi di kedepannya nanti agar tidak salah pilih.

Di aplikasi ini memiliki dua jenis. Dana yang pertama adalah dana tabungan jangka pendek. Biasanya dana ini digunakan untuk jangka pendek untuk setahun atau tiga tahun. Dana yang kedua adalah dana pensiun. Biasanya dana ini untuk jangka panjang seperti 10 -15 tahun.

Memulai investasi sejak sekarang sangatlah penting. Dengan berkembangnya teknologi melakukan investasi semakin mudah hanya dengan menggunakan smartphone yang ada. Dengan melakukan investasi, dimasa depan jika tidak lagi bekerja masih memiliki simpanan dana tidak hanya itu, jika sewaktu – waktu tertimpa bencana dana yang dimiliki masih ada dan bisa dipakai. Jika nanti pensiun, dana pun yang sudah disimpan dengan baik bisa digunakan.

Reporter : Bella Novita Permatasari Editor : Mega Annisa Ni’mais

Related posts